Asal Ikan Cupang Dragon plakat red Dragon

Asal Ikan Cupang Dragon plakat red Dragon Dari Kawin Silang Ini

 

Halo para pecinta ikan cupang hias, adu dan alam yang semoga selalu diberikan kesehatan. Kali ini saya ingin  berbagi artikel mengenai salah satu jenis atau type yang kini lazim kita jumpai.

Sebelum membaca, ada peraturan yang harus disepakati yaitu “X” artinya adalah kawin silang atau perkawinan silang. Jadi kalian jangan bingung jika saya menuliskan ikan type 1 X ikan type 2 yah..

 

Sejarah dan asal ikan cupang dragon

Bagaimana sejarah dan asal ikan cupang dragon muncul di dunia pertama kali, dan siapa orang yang berhasil mengawin silangkannya. Artikel ini di ambil dari situs resmi bettaterirorry dan di modifikasi ke bahasa Indonesia.

Asal Ikan Cupang Dragon plakat red Dragon

Hal ini jelas bahwa perkembangan ikan cupang dragon dimulai dari demam katalis yang benar-benar merundungi penghobi ala cupang berkilau “bling-bling” di kalangan hobis cupang di seluruh dunia. Warna metallics / dragon sangat mempengaruhi hobi cupang dan tanpa sadar membuka pintu bagi banyak peternak untuk mengembangkan varietas kombinasi dan warna baru. Setelah sebelumnya betta drago  yang dibuat seperti tanda yang menonjol, varian baru datang dengan warna lebih menyala.

 

Penampilan unik ini disebut “dragon” ditandai dengan sisik tebal / full mask berwarna perak padat / lapisan logam putih yang hampir menyerupai baju besi. “Dragons” menangkap imajinasi para peternak ikan cupang di seluruh dunia, sehingga pada saat itu muncul istilah “demam naga”. Tapi apa sebenarnya yang disebut betta dragon, dari mana mereka berasal?

Asal Usul Cupang Dragon

Menurut Pichet (tim peternak Interfish – Thailand), yang pertama diciptakan dengan menggunakan plakat SUPER merah (SUPER RED), plakat red cooper dan Betta sp. Mahachai.

Asal Ikan Cupang Dragon plakat red Dragon

Dengan beberapa kesulitan, Betta Mahachai liar dari alam itu dikawin silang dengan plakat red coopper dengan maksud melestarikan Betta sp. Mahachai dengan ciri-ciri pada keturunannya. Kemudian laki-laki muda dari bibit ini disilangkan kembali dengan plakat perempuan super red. Langkah ketiga adalah seorang ibu dengan anak di silang balik: betina super red telah menyeberang ke salah satu anaknya di sebuah metode yang biasa disebut sebagai ‘garis keturunan’.(Bahasanya harus gini yah gak apa-apa menghormati si breeder yang memaparkannya)

 

Meskipun bentuk tubuh dan finnage tidak terlalu baik dan bahkan beberapa dari mereka menunjukkan malformasi dalam tubuh, namun warnanya sudah didapatkan dan pasangan cupang dragon pertama lahir! Dragon pertama yang dikembangkan oleh Mr Tea.

 

“Red dragon V1” pertama kali disampaikan kepada publik Thailand di edisi Desember 2004, majalah bernama “Fancy Fish” oleh tim peternak Interfish.

 

Pada saat itu Mr. Somchat masih merasa kurang puas, warna pada tubuhnya belum tertutup sempurna (full mask). Sehingga mereka mengembangkannya lagi ke versi V2 di tahun 2005.

 

Versi V2 ini akhirnya di perkenalkan di Aquarama oleh tim peternak Interfish. Mereka tidak membawa hadiah apapun, karena ikan hasil perkawinan silang itu tidak memenagkan satu trophypun. Namun pada akhirnya banyak yang terkesan dengan si cupang dragon itu.

 

Beberapa kali percobaan menemui trial dan error dalam mengawin silangkan antara kedua jenis ikan berbeda itu. Yang paling sulit ialah keturunan F1 dari betta mahachai X Betta Imbellis.

Asal Ikan Cupang Dragon plakat red Dragon

Diwaktu yang tidak jauh berbeda di America sedang dikembangkan “Armadillo” ikan yang mirip dengan Dragon. Ide awal bagi mereka datang dari sebuah buku oleh Walt Maurus [10], di mana ia termasuk foto dari mencari betta yang sangat unik yang merupakan hasil dari persimpangan Betta splendens dengan wild betta, seperti Betta imbellis.

 

Keindahan ini disebut “Neon” betta. Mereka Bertekad untuk mereproduksi Ikan yang Unik, Victoria Parnell-Stark mengakuisisi beberapa pasang dari Thailand dalam pengiriman yang termasuk didalamnya Betta imbellis serta Betta sp. Mahachai.

 

Seperti dengan hasil yang sudah dijelaskan di atas, Betta sp. Mahachai terbukti tidak hanya sulit dikawinkan, tetapi sangat temperamental, dan itu berhasil dilakukan hanya dengan beberapa trial and error. Bahwa bibit yang berhasil tercatat antara Betta sp. Mahachai dan Betta splendens hijau. Namun, persilangan yang dihasilkan tidak pernah produktif.

 

Ketika kita mengambil empat (sub) spesies ini secara teoritis, bisa dibuat seperti berikut ini:

 

  • Betta splendens x imbellis Betta
  • Cupang x Betta smaragdina
  • Cupang x Betta sp. Mahachai
  • Imbellis Betta x Betta smaragdina
  • Imbellis Betta x Betta sp. Mahachai
  • Betta smaragdina x Betta sp. Mahachai

Tidak terasa artikel Asal Ikan Cupang Dragon Dari Kawin Silang Ini sudah cukup panjang, saya juga sudah mulai lelah mengetik dan memodifikasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *